mari bernafas

…bukankah hidup ada perhentian
tak harus kencang terus berlari
ku helakan nafas panjang
tuk siap berlari kembali…
(Sang Penghibur – PADI)

Ibarat sebuah mesin, hidup kita juga butuh jadwal “maintenance“, bahkan suatu ketika butuh yang namanya “overhaul“. Allah menyediakan waktu shalat sebanyak minimal 5 kali sehari juga bertujuan agar hidup kita punya waktu untuk “bernafas”. Waktu ini seharusnya dimanfaatkan benar-benar untuk merenung. Berpikir kembali segala hal yang mungkin kita lupakan selama “menjalankan” hidup. Bahkan dalam balapan Formula 1 juga ada waktu untuk pitstop kan?

Sering mungkin kita mengeluh. Sering juga frustasi karena beberapa hal yang menyesakkan pikiran kita. Terlalu terbawa penatnya lalu lintas dunia yang suatu waktu beradu kecepatan, tapi di waktu lainnya penuh sesak dengan kemacetan, atau kadang jalan buntu menghadang di depan.

“Manfaatkan waktu luangmu sebelum datang waktu sempitmu.”

Manfaatkan untuk hal apapun yang positif. Membuat orang lain senang, mengistirahatkan tubuh,  atau “sekedar” merenung pun juga hal yang positif. Banyak orang lupa bersyukur, karena waktu luangnya tidak dimanfaatkan dengan baik. Waktu luang berlalu percuma begitu saja. Bahkan dengan waktu luang yang sangat banyak, merenung pun tidak pernah dilakukan. Ah iya, saya pun begitu.

About faris

just ordinary man View all posts by faris

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: