Man In The Mirror

I’m Starting With The Man In The Mirror
I’m Asking Him To Change His Ways
And No Message Could Have Been Any Clearer
If You Wanna Make The World A Better Place
Take A Look At Yourself, And Then Make A Change
(Man In The Mirror – Michael Jackson)

Mengoreksi diri sendiri itu jauh lebih baik daripada mengoreksi orang lain. Setidaknya itu yang saya yakini sampai sekarang walaupun implementasinya masih rendah ataupun malah nol besar. Biar tidak nol besar juga, sekarang saya mau sedikit koreksi diri yang saya pikir ada hubungannya dengan masalah di masyarakat Indonesia pada umumnya.

Mengeluh. Iya, mengeluh dan mengeluh. Saya sadar, sedikit saja saya mendapatkan masalah, mengeluh adalah hal pertama yang saya lakukan. Saya sangat tahu itu bukan sikap yang baik, karena hanya dengan mengeluh tidak akan menyelesaikan masalah dan justru akan menambah masalah yang seharusnya tidak terlalu besar. Tapi entah kenapa sulit sekali menghilangkan kebiasaan itu. Inikah karakter manusia Indonesia? Karena kalau saya perhatikan orang-orang di sekitar saya pun seperti itu.

“Parah, susah banget sih soalnya”
“Yah, kenapa dapet dosen penguji Bapak X”
“Ngeselin banget dosennya ngasih tugas mulu”
“Udah 3 hari gak makan dek, minta sedikit sedekahnya”
” Dasar pelit, capek-capek ngamen ga ada yang ngasih”

Tapi saya pernah bicara dengan seorang teman, kalau sebenarnya mengeluh itu manusiawi asal jangan berlebihan dan berlarut-larut. Tapi mengeluh juga merupakan akar permasalah selanjutnya yang juga ada di diri saya. Menyalahkan orang/hal lain.

Dan setelah saya pikir lagi ada benarnya juga. Saya, dan/atau mungkin semua yang bisa baca tulisan saya sering melakukan hal ini. Ada masalah sedikit, selain mengeluh, juga dengan mudahnya menyalahkan orang/hal lain tanpa sedikit pun mengoreksi diri sendiri. Gengsi, merasa paling benar, sombong, keras kepala sudah menjadi penyakit akut di masyarakat kita.

Silahkan lihat media yang ada sekarang, isi berita sangat sedikit yang mencerdaskan atau memberikan solusi, tapi yang ada adalah memperkeruh suasana dengan saling menyalahkan. Dari tingkatan presiden sampai masyarakat bawah.

Kenapa harus mengeluh? kenapa harus menyalahkan orang lain? kenapa harus menyalahkan keadaan? kenapa harus menyalahkan nasib? kenapa harus menyalahkan Tuhan? Kalau kita sendiri bisa berubah dan melakukan sesuatu minimal untuk diri kita sendiri agar menjadi lebih baik.

“… surely Allah does not change the condition of a people until they change their own condition… ”
(Ar-Ra’d: 11)

Mari berubah. Mari jangan mengeluh sesulit apapun masalah kita. Mari jangan pernah menyalahkan orang/hal lain sebelum mengoreksi diri sendiri. Berusaha sebaik-baiknya dan mintalah pertolongan hanya kepada-Nya.

About faris

just ordinary man View all posts by faris

Leave a Reply

