Selimut Debu

“Sungguh bodoh orang yang menangisi kesialan dan tak mau belajar dari pengalaman.” –Latief sang Pencuri Ulung

Walaupun belum selesai dibaca semua, tapi buku ini menurut saya luar biasa.. eh bukan, tapi orang (Agustinus Wibowo) yang menulis dan melakukan perjalanan yang ditulis di buku ini yang luar biasa. Dengan membaca buku ini saya jadi mengerti keadaan sebenarnya negara-negara Asia Tengah (terutama Aghanistan) yang selama ini tertutup monopoli berita tentang konflik dan segala ketidaknyamanannya. Memang itu benar terjadi, setidaknya membuat saya sangat bersyukur dilahirkan di Indonesia, di tengah banyak orang Indonesia termasuk saya banyak mengeluh tentang Indonesia. Tapi, di balik konflik dan perang itu semua, banyak hal lain tentang agama, sosial, budaya dan lainnya di negara-negara Asia Tengah yang membuat saya iri. Dan masih banyak hal lain yang akan terungkap, yang selama ini kita kira baik ternyata buruk dan yang selama ini kita kira buruk ternyata baik.

Dengan membaca buku ini pun saya menjadi ‘ngeh’ kalau Islam itu terbagi-bagi menjadi berbagai macam golongan dan memiliki tata cara yang sangat berbeda walaupun tetap aqidah nya sama. Selama ini Islam yang saya tahu ada Islam Sunni bermazhab Syafi’i yang memang menjadi mayoritas di Indonesia , makanya sangat terheran-heran ketika Agustinus Wibowo bercerita tentang kehidupan orang-orang sana yang sama-sama bergaama Islam tetapi memiliki aturan-aturan yang berbeda di Indonesia. Akhirnya saya pun tergerak untuk mencari artikel-artikel tentang golongan-golongan Islam dan latar belakangnya. Setidaknya saya menjadi cukup mengerti tentang bedang Sunni dan Syiah serta mazhab-mazhabnya. Ya, tapi saya tidak akan cerita di sini, tapi mungkin bisa menambah penasaran Anda (kalo ada yang baca haha) untuk mencoba membaca buku ini.

*belum selesai baca ini, udah mau baca buku lainnya (mungkin lanjutan perjalananannya), Garis Batas, hehe.

About faris

just ordinary man View all posts by faris

One response to “Selimut Debu

  • duuoktarina

    hai,
    lagi blogwalking nih,
    senangnya liat anak teknik tapi masih mau dan sering nulis,
    soalnya temen2 ku anak teknik ga hobi ngeblog,
    hahahaa..
    salam kenal,
    *salam kait kelingking*
    :))

Leave a Reply

